7 Hal Yang Dapat Menyebabkan Burung Kicau Mudah Sakit


7 Hal Yang Dapat  Menyebabkan Burung Kicau  Mudah Sakit
7 Hal Yang Dapat  Menyebabkan Burung Kicau  Mudah Sakit. Agar burung peliharaan anda selalu sehat, aktif dan rajin berkicau tentu harus dirawat dengan penuh perhatian. Pemberian pakan yang tepat, pola perawatan, seperti memandikan , menjemur harus dilakukan dengan perlakuan dan cara yang tepat . Jika anda memelihara burung mengabaikan hal-hal yang Nampak sepele tentunya akan berdampak kurang baik  pada burung kesayangan anda seperti terserang penyakit. Berikut di bawah ini beberapa hal yang dapat ,menyebabkan burung kesayangan anda  terserang penyakit:

"burung sakit"

Baca juga:


7 Hal Yang Dapat  Menyebabkan Burung Kicau  Mudah Sakit
1.Kurang Menjaga Kebersihan


Sangkar burung yang ditempati sering terlihat kotor, kotoran itu terdiri dari feses, bekas sisa makanan atau pakan yang utuh terjatuh ke bawah dasar sangkar. Dan apabila dibiarkan kotoran akan menumpuk dan membusuk serta akan mengundang bibit penyakit seperti bakteri, jamur parasit  termasuk kutu dan tungau merah. Untuk menjaga burung selalu sehat, aktif dan berkicau maka kebersihan sangkar harus di bersihkan dan diperhatikan setiap hari dari sisa sisa kotoran dan makanan pada sangkar burung. Selain dari itu setiap 2 minggu sekali bersihkan sangkar burung dengan disinfektan Fres Aves untuk membasmi berbagai virus  bakteri penyakit yang terdapat pada sangkar burung.

2.Tempat Pakan Jamuran


Wadah pakan dan wadah air minum (cepuk) harus selalu dijaga dan diperhatikan kebersihannya. Kadang kala kita selalu menambah pakan yang baru di atas pakan yang lama akibatnya pakan yang lama di bagian bawah akan mudah menjamur dan membusuk, dan akan makin mudah tumbuh jika sangkar burung berada di tempat yang lembab  dan sering terkena cipratan air. Untuk mencegahnya sebaiknya setiap 1 hingga 2 hari seluruh sisa pakan dalam wadah (cepuk) di buang saja lalu cuci wada pakan hingga benar-benar bersih lalu isi dengan pakan yang baru dan segar.

3.Jangan Gantang Sangkar Di Dekat Sumber Angin


Sebetulnya ini adalah hal yang sepele namun jika di abaikan akan berdampak kurang baik terhadap burung peliharaan  anda. Seperti menggantang dekat kipas angin, AC, Blower, ventilasi udara ini akan menyebabkan burung mudah sekali jatuh sakit. Sebaiknya hindari menggantang burung ditempat-tempat  tersebut.

4.Jangan langsung jemur setelah mandi


Banyak para pemelihara burung setelah memandikan langsung menjemurnya di bawah terik matahari cara ini sebetulnya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan bulu burung kesayangan anda cepat rusak. Selain itu burung juga akan mudah sakit akibat perubahan suhu secara mendadak. Sebaiknya setelah burung dimandikan diangin-anginkan terlebih dahulu setelah bulu-bulu burung cukup kering barulah dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

5.Jika burung mengonsumsi buah dan sayuran


Jangan memberikan buah dan juga sayuran tanpa dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu pada burung peliharaan anda. Karena jika buah atau sayuran langsung diberikan tanpa dicuci sangat dimungkinkan sisa-sisa zat pestisida tersebut ikut tercerna dalam tubuh burung hingga akan membuatnya mudah sekali sakit dan terserang penyakit. Sebaiknya sebelum buah atau sayuran diberikan untuk pakan burung anda bersihkan terlebih dahulu lalu rendam dengan menggunakan air  berisi garam agar sisa –sisa pestisida yang masih melekat pada buah atau sayuran benar-benar bersih lalu bilaslas dengan menggunakan air bersih.

6.Melatih burung agar cepat berkicau dan gacor


Melatih burung agar cepat rajin bunyi sering sekali dilakukan oleh para pemelihara burung dengan memutar suara burung MP3/ dengan menggunakan burung sebagai masteran. Namun jika sering dilakukan tentu tidak baik  karena akan membuat burung malas bberbunyi. Lakukan untuk memutar suara burung MP3 seperlunya saja dan jangan terlalu sering karena tujuannya adalah hanya untuk memaancing bunyi saja bukan untuk pemasteran.

7.Memindahkan burung dengan cara dipegang
 

Ada sebagian burung seperti burung kenari susah untuk pindah sangkar. Dan jika anda termasuk orang yang tidak sabar biasanya langsung menangkapnya dengan tangan lalu dipindah ke dalam sangkar barunya. Namun cara-cara seperti ini dapat menimbulkan masalah karena jika menangkap burung belum berpengalaman burung akan menjadi geraban dan ketakutan , liar didalm sangkar dan rentan terluka karena menabrak sangkar. Jika burung peliharaan anda Kenari cara yang paling aman menangkapnya dengan didahului menyemprot tubuhnya hingga basah kuyup setelah itu baru ditangkap dan dipindahkan ke dalam sangkar barunya.

7 Hal Yang Dapat  Menyebabkan Burung Kicau  Mudah Sakit. Demikian postingan artikel kali ini semoga apa yang kami berikan diatas dapt berguna dan juga bermanfaat untuk anda pecinta burung kicau. Sampai jumpa pada postingan berikutnya sekian dan terimakasih