Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina


Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina   
Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina. Banyak sekali penghobi burung kesulitan untuk membedakan jenis kelamin pada burung lvebird yang mana jantan dan juga betina. Hal tersebut sangatlah wajar karena burung yang satu ini mempunyai 3 kategori kesulitan didalam membedakan jenis dan kelaminya. 


"Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina"

Baca juga :
Tips merawat burung lovebird
Tips mengetahui ciri jantan dan betina burUng cendet
Download suara burung
Mengetahui jenis dan warna lovebird

Tiga kategori kesulitan tersebut adalah
1.Kelompok Dimorfik yaitu jenis kelamin yang dibedakan dengn cukup mudah
Lovebird abisinia (agaaporsinis taranta), lovebird madagasker (agapornis cana), lovebird muk merh (gapornis pullaria)

Baca juga:
Tips dan cara mengetahui burung murai batu medan

2.Kelompok intermediate yitu jenis kelamin yang ukup sulit untuk dibedakan
Lovebird black collared (agapornis swinderniana)

3.Kelompok lovebird kaca mata
Lovebird nyasa (agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (gapornis nigrigenis), lovebird topeng (agapornis personata), lovebird fischer (agapornis ficheri).

Jenis kelamin pada burung Lovebird tidak konsisten sehingga memanglah sangat sulit dibedakan. Da di atas adalah jenis lovebird yang sulit dan mudah untuk dibedkn jenis kelaminya. Tetapi kita juga dapat membedakan Lovebird jantan dan lovebird betina dengan beberapa cara berikut ini yang dinilai akurat.

A.Bentuk Paruh, bentuk paruh burung lovebird jantan lebih lancip/runcing  serta kecil, sementara untuk burung lovebird betina cenderung tumpul dan melebar juga besar

B.Fisik Lovebird, bentuk fisik burung lovebird yang jantan cenderung lebih kecil dari betuk fisik burung lovebird betina dn pada bagian kepala lovebird  yang jantan bentuknya cepak dan rata, sedangkan untuk lovebird betina kepalanya cenderung cekung dan melengkung.

C.Sayap Lovebird, pada ujung sayap lovebird jantan cenderung menyilang, namun pada lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan juga tidak menyilang .Cara tersebut dapat dilihat jika saat burung lovebird diam.

D.Ekor Lovebird, pada ekor burung lovebird jantan berbentuk runcing, sedangkan pada betinanya lebih rata. Sekilas ujung ekor lovebird jantan mengerucut kecil. Namun ujung ekor lovebird betina cenderung lebih besar dan lebar.

E.Cara Bertengger, Cara bertengger lovebird jantan adalah dengan kaki agak merapat, sementara untuk yang betina kakinya agak terbuka melebar. Hal tersebut terjadi karena tulang pubis lovebird betina agak lebar, sementara untuk burung lovebird yang jantan tulang pubishnya rapat dan meruncing.

G.Jarum  dan cincin emas,  ternyata jarum dan juga cincin emas dapat digunakan untuk melihat perbedaan burung lovebird jantan dan betina. Caranya cukup siapkan tali engan panjang 15 hingga 20 Cm lalu ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Dan setelah itu peganglah burung lovebird dengan menggunakan tangan kiri  dan usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman. Lalu tempatkan cincin tersebut di atas kepala lovebird dengan jarak 5 hingga 3cm. Dan perhatikan gerakan cincin yang digantung tadi.Jika cincin emas bergerak maju dan mundur searah berarti lovebird tersebut berkelamin jantan. Namun jika cincin tersebut bergerak memutar/melingkar berarti lovebird tersebut betina.

H.Supit urang atau tulang pubish, pada burung jantan jarak antara tulang pubish akan terasa menyempit jika dipegang/raba. Untuk lovebird betina, tulang pubishnya terasa cenderung elastis dan jarak antara kedua tulang pubish lebih lebar seukuran jari tangan.Dan saat meraba dua tulang supit udang dewasa, maka tulang supit udang lovebird betina akan terasa lebih lunak dan kalau ditekan kedua tulang tersebut akan seperti terbuka. Sementara pada burung lovebird jantan ketika ditekan, maka kedua tulang supit udangnya akan terasa lancip rapat dan juga keras.

I.Saat Lovebir birahi, biasanya lovebird yang jantan akan berdiri didekat lovebird betina sambil meng angguk anggukan kepala, lalu lburung lovebird yang jantan akan mengeluarkan suara andalanya tek tek tek atau cit  cit ciiit, namun ada kalanya lovebird yg jantan akan melompati betinanya, mondar mandir memanggil pasangan, meloloh lovebird betina,mengggesek tangkringan dan akan menaiki tubuh lovebird betina dan sementara yang betina kan merunduk lalu membuka sayapnnya lebar dan menggigit benda disekitarnya.

J.Lovebird membuat sarang, saat membuat sarang antara lovebird jantan dan lovebird betina yang paling aktif dan berperan adalah lovebird betina. Burung lovebird yang betina akan mengambil kulit kayu lalu mengumpulkanya untuk membuat sarang. Sedangkan burung lovebird jantan hanya membantu memberikaan kulit kayunya kepada lovebird betina.

K.Jenis kelamin pada burung lovebird dapat dibedakan dengan menggunakan DNA yang diambil dari bulunya atau darahnya. Keakuratan data tes DNA diklaim mampu hingga 99% akurat. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis jantan dan betina. Dengan perbedaan tersebut anda dapat mengetahui mana lovebird jantan dan betina. Anda dapat melakukan tes DNA ini di LAB, namun biayanya untuk saat ini masih tergolong sangat mahal.

L. Lobang hidung pada burung Lovebird dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin jantan atau betina.Caranya dapat dilihat dengan memegang burung tersebut, lalu tiup pada bagian hidungnya. Jika lubang hidung berbentuk lonjong atau oval maka dapat dipastikan itu jantan.Namun jika lubang hidung tersebut berbentuk bulat lebar, maka itu lovebird betina.

M.Lingkar klep kacamata lovebird, dapat dibedakan dari lingkar klep kacamatanya walaupun cara ini tergolong agak sulit, namun kadang perbedaan klep lovebird jantan dan lovebird betina dapat terlihat.Untuk burung yang jantan biasanya klep atau lingkar kacamatanya lebih oval atau lonjong, dan untuk burung yang betina klep matanya cenderung lebih kuat.

N.Kloaka atau anus lovebird, pada lovebird jantan umumnya mempunyai anus kloaka yang lebih kecil dan seolah olah terlihat menonjol atau lebih panjang kalau lovebird yang betina biasanya mempunyai kloaka atau anus yang lebar namun terlihat rata dibandingkan lovebird yang jantan.

Cara Membedakan  Lovebird Jantan Dan Betina. Demikian informasi kali ini cara membedakan burung lovebird jantan dan burung lovebird betina. Caradiatas sering digunakan oleh sebagaian pecinta burung dan dinilai akurat. Demikian dan terimakasih