Bermacam-Macam Jenis Burung Pleci Atau Kacamata

Bermacam-Macam  Jenis Burung Pleci Atau  Kacamata
Bermacam-Macam  Jenis Burung Pleci Atau  Kacamata. Burung pleci adalah burung yang kecil dan mungil namun burung kicau yang mungil ini sudah banyak sekali peminatnya di tanah air. Hal ini sangat wajar karena burung pleci burung yang sangat unik dengan keindahan suaranya burung yang masuk dalam keluarga Zosteropidae memang dikenal dengan suara khasnya yang gacor dan ngalas panjang yang sulit ditemui pada brung lainnya. Nah buat sobat yang belum tahu jenis burung pleci maka sobat bisa membacanya selengkapnya di bawah ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenal lebih jauh burung pleci yang terdapat di Indonesia. Tentu saja informasi yang yang saya berikan ini dapat sobat gunakan sekaligus dapat dijadikan referensi burung mana yang lebih menarik untuk sobat pelihara untuk mengikuti gantangan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

"pleci kacamata"

lihat artikel terkait:
"pleci"

1.Pleci salvadori enggano burung yang memiliki kicauan lebih sempurna. Dengan suaranya yang full Bass dan mendayu-dayu burung yang satu ini menyita perhatian banyak pecinta kicau mania. Dengan postur tubuh yang cenderung lebih besar dari sejenisnya,  dan saat ini wajar jika digilai banyak kalangan pecinta pleci. Dengan dada berwarna abu-abu gelap burung kacamata ini  memiliki warna kuning sedikit dan pada bagian kepalanya terdapat warna sedikit hitam. Dan untuk habitatnya burung ini banyak terdapat di Pulau Sumatera.

"pleci1"

2.Pleci dada kuning  maput, burung pleci  dakun mata putih ini adalahjenis zosterops yang dapat dikatakan istimewa. Ia memiliki kelebihan suara yang lantang  dari sejeninya, dan selain daripada itu burung yang sering disebut dengan nama Pleci muria dan juga Kudus ini mempunyai mental yang bagus dan sering dijadikan ikon utama pada setiap lomba kontes burung pada kelas burung kacamata ini. Burung pleci dakun maputt ini berasal dari gunung Muria jawa tengah dengan ciri suara kristal yang nyaring dengan iris mata yang berwarna putih.

"pleci3"

3.Pleci auriventer, berbeda dari jenis kacamata lain, dari segi tubuh juga kicauannya. Burung ini dikenal lebih agresif dan memiliki suara yang lebih ngebass dari sejenisnya. Tak hern jika burung pleci ini harganyapun cukup mahal di pasaran karena keberadaanyapun sudah semakin sedikit. Untuk penyebarannya meliputi kepulauan Riau, Bangka, Natuna Selatan, Kalimantan hingga pantai timur di Sumatra. Burung pleci auriventer memiliki postur yang lebih panjang dari pleci dakun, dadanya berwarna ungu dengan garis kuning dan iris matanya berwarna cokelat.

"pleci4"

4.Pleci dada kuning macok atau pleci dakun mata coklat adalah salah satu jenis yang paling laku dipasaran. Karena perawatanya yang mudah dengan harga yang relatif terjangkau. Burung yang satu ini dapat ditemui dengan mudah diseluruh daerah di pulau jawa, dengan ciri yang mudah dikenali memiliki suara kristal yang keras dengan iris mata berwarna coklat dan pada punggung dan dadanya berwarna kuning.

"pleci5"

5.Pleci buxtoni, burung ini tidaklah sulit untuk ditemukan di tanah air dan burung pleci buxtoni banyak sekali ditemukan di pasar burung wilayah Jawa barat. Dengan postur tubuh yang lebih berisi dan bulat serta memiliki suara kicauan kristal yang lebih melengking dan nyaring. Untuk penyebarannya burung kacamata ini meliputi Jawa Barat dan sebagian di pulau Sumatra. Untuk membedakannya adalah pada warna punggung burung ini berwarna cenderung lebih gelap dengan lingkar mata lebih tipis dan iris mata berwarna coklat.

"pleci6"

6.Pleci montanus, burung ini juga sering disebut dengan istilah kacamata gunung dan merupakan jenis pleci yang memiliki postur tubuh 11cm. Dan burung pleci kacamata gunung ini mudah ditemukan , karena tersebar hampir diseluruh pulau Jawa. Ciri khas yang membedakannya adalah suara kristal yang dimilikinya lebih kasar dengan warna perut keabu abuan dan tubuhnya berwarna kecoklatan serta tunggingnya berwarna kuning dengan iris mata berwarna putih.

"pleci7"

7.Pleci dakun Bali, hampir tak ada bedanya dengan burung kacamata Jawa. Tetapi terdapat beberapa ciri khas untuk mengenalinya seperti ukaran postur tubuh yang lebih besar dengan lingkar putih pada sekitar mata lebih melebar. Suaranya yang khas memiliki kicauan yang menyerupai anak ayam ngalas. Tak hanya itu burung pleci dakun Bali memiliki warna bulu hijau terang.

"pleci8"

8.Pleci black capped, brung ini memiliki poostur yang mudah dikennali dari pleci yang lain. Memiliki dahi berwarna hitam menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung. Dengan suara yang nge Bass  dan ngalas banyak sekali pecinta burung yang tertarik dengan keunikan karakter burung ini. Habitat aslinya dan penyebaran burung ini berada di pulau Sumatera. Dengan dada berwarna ke abu-abuan berkombinasikan warna kuning hijau pada punggung dengan iris mata berwarna coklat tetapi ada pula yang berwarna putih.

Bermacam-Macam  Jenis Burung Pleci Atau  Kacamata. Demikian informasi bermacam-macam jenis burung Pleci atau kacamata  kali ini yang dapat kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita tentang burung semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk semua sampai jumpa di postingan selanjutnya.