Cara Merawat Burung Prenjak / Ciblek


Cara Merawat  Burung Prenjak / Ciblek
Cara Dan Merawat Burung Prenjak/Ciblek . Akhir – akhir ini tampaknya pecinta burung selalu membicarakan burung prenjak/ciblek ini. Hal ini sangat wajar karena burung yang memiliki nama latin Prinia atrogularis ini cukup menarik . Menurut orang tua dahulu jika ada burung prenjak yang berkicau didekat pekarangan rumah kita itu tandanya akan kedatangan  tamu yang jauh. Namun begitulah orang jaman dahulu entah mitos atau bukan yang jelas itupun penulis alami waktu masih kecil dan memng terbukti adanya. Kembali lagi ke pokok embahasan. Selain suaranya yang memikat saat ini juga burung ciblek/prenjak sering di ajang lombakan melalui kontes burung di berbagai event. 
"Cara Merawat  Burung Prenjak / Ciblek"
Baca juga:

Klik dibawah ini:

Dengan kicauanya yang khas, kicauan burung ciblek ini sering disebut Ngebren atau  Nembak.Ciblek sendiri adalah merupakan burung berkelompok yang kebanyakan mendiami daerah pegunungan dengan ketinggian 600 hingga 2500 m dpl di kawasan Asia tenggara seperti Indonesia. Burung ciblek ini juga diketahui hidup di china selatan Nepal, dan juga Himalaya. Dibeberapa Negara tersebut ciblek gunung ini diketahui memiliki tujuh RAS species. Seperti  prinia atrogularius,khasiana,superciliaris, erythopeura, klosi , waterstradti, dysancitra dan sabagainya. Jenis cigun yang populer di Indonesia adalah Prinia atrogularis dan dysancitra yang pertama kali ditemukan di Sumatera Barat.  

Baca artikel terkait:

Burung ini, Ciblek gunung Sumatera sebenarnya sudah cukup lama menjadi peliharaan favorit, akan tetapi tidak populer dan sebagus  seperti ciblek gunung Jawa. Ciblek gunung  Jawa dinilai mempunyai suara tembakan dan mental yang lebih kuat. Dan yang dinilai lebih baik dari Ciblek Jawa tersebut adalah asal dari Jawa Barat, Tasik. Dan tentu saja hal tersbut tidak dapat dijadikan pedoman jika ingin memelihara burung Ciblek/Prenjak, sebab semua itu tergantung pada perawatan sehari-hari kita untuk dapat menghasilkan suara Nembak maupun ngbren burung ciblek.

Mengetahui Ciri Burung Ciblek 
Prenjak gunung memiliki ciri-ciri ukuran tubuh 16cm dan mempunyai ekor yang lebih panjang ketimbang tubuhnya, dan pada pipinya berwarna abu-abu. Di bagian dada terlihat ada garis, sedangkan untuk bagian sisi tubuhnya berwarna kuning. Ciblek yang jantan mempunyai ukuran kaki lebih besar dan berwarna coklat. Selain itu pada bagian duburnya lebih menonjol dengan bulu yang lebat. Adapun warna coklat dan kuning pada burung yang jantan kelihatan lebih cerah. Dan untuk burung betina kebalikannya, warna bulu kelihatan lebih kusam dan tak begitu jelas .

Cara Merawat
Mandikan burung dan bersihkan sangkarnya setiap pagi dan sore hari. Jika dimandikan waktu pagi penjemuran dapat dilakukan minimal 1 hingga 3 jam hingga badannya mengering. Gantilah pakan voer dengan yang baru secara rutin dengan porsi yang secukupnya. Beri pakan jangkrik sedikitnya 5 ekor dalam sehari, pagi2 ekor dan sore 3 ekar. Berikan pakan untuk menambah vitamin dan stamina burung ciblek/Prenjak seperti kroto paling sedikit 2 hingga sendok teh pada setiap paginya.

Cara Merawat  Burung Prenjak / Ciblek. Demikian ulasan artikel kali ini semoga dapat memberikan inspirasi yang bermanfaat untuk para pecinta burung mania. Dapatkan update artikel selanjutnya dan terus kunjungi situs ini