Jenis-Jenis Burung Jalak

Jenis-Jenis  Burung Jalak
Jenis-Jenis  Burung Jalak. Jalak adalah merupakan jenis burung yang banyak diminati oleh pecinta burung kicau karena memilki suara yang indah. Jenis burung jalak bermacam-macam, dan salah satu yang memiliki suara yang khas berkarakter dan indah adalah jenis burung jalak suren di bandingkan jenis burung jalak yang lainnya. Tak heran jika burung jalak suren ini harganya cukup tinggi. Burung ini umumnya berwarna hitam dan putih dengan perawakan sedang dengan sedikit warna kuning  pada bagian matanya. Burung jalak adalah jenis burung yang cerdas dan dapat menirukan suara manusia seperti burung beo.

"jenis jalak"
Baca lainnya

"jalak"

Klik di sini

Untuk para pecinta burung di tanah air tentunya sudah  tahu betul dengan burung jalak suren ini yang lekat dengan ikon burung kicau. Burung jalak suren saat ini sering sekali mengikuti  kejuaraan lomba burung kicau karena suaranya yang indah. Dan tentu saja jika sudah sring memenang kan perlombaan kontes burung harga burung jalak suren dapat melambung tinggi. Burung jalak suren mempunyai beberapa keturunan jenis yang berbeda sesuai dengan daerah asal burung. Dan jenis burung jalak suren yang banyak diminati adalah Jalak Suren Jawa dan Borneo atu Kalimantan. Dari penampilan terdapat beberapa ciri khas yang dapat dibedakan dari  kedua jenis tersebut. Namun tidak terdapat perbedaan yang mencolok pada suara kedua jenis burung ini , karena sama – sama memiliki suara yang indah ngerol dan gacor. Kicauan burung jalak suren juga sering dijadikan sebagai masteran ataupun suara utama untuk ditiru oleh burung jenis yang lain.


1.Jenis jalak  kerbau atau jalak kebo (jawa) masuk dalam kategori jenis burung jalak yang populer.Burung jenis jalak kebo ini menyukai tempat seperti kebun atau ladang untuk mencari makan. Selain mencari makanan seperti serangga di lahan terbuka padang rumput burung jalak kebo sesuai namanya juga sering bertengger di punggung kerbau mencari kutu yang menempel di punggung kerbau tersebut.Tubuhnya berukuran sedang 25 hingga 30 cm di alam liar sering terlihat pada ketinggian 1500 m(dpl) di kebun, sawah dan hutan mangrove. Burung ini juga terdapat di negara seprti asia timur, china selatan, bangladesh, Jawa hingga sulawesi.

"jalak"

2.Jalak Nias atau Burung yang juga dikenal dengan nama lain Kerak ungu memiliki kicauan yang indah. Tubuhnya berwarna coklat kehitaman dengan kepala berwarna hitam dan di sekitar matanya terdapat bercak kuning menyala. Di alam bebas dapat ditemukan di wilayah dataran tinggi 300 meter (dpl) dan jenis ini juga dikenal sebagai burung monogami yang setia pada pasangannya.
Jalak Bali adalah burung yng dilindungi, jika dilihat dari fisiknya terlihat sangat khas dan berbeda. Ciri yang paling mencolok adalah medah dikenali, yaitu jambul dan bulu berwarna biru yang menyerupai topeng di sekitar mata. Sedangkan sayap dan ekornya berwarna hitam dan selebihnya warna bulu pada bagian tubuhnya berwarna putih.Dengan ukuran tubuhnya  panjang 25 hingga 30 cm sedangkan makanan favoritnya adalah cacing jangkrik jambu pepaya.

"jalak"

3.Jalak Bodas atau Jalak putih, ini dikenal oleh masyarakat sunda dengan sebutan jalak bodas merupakan keluarga sturnidae yang juga dilindungi oleh pemerintah. Dengan ciri khas putih hitam sama engan saudaranya di pulau Bali, yang membedakannya adalah warna kuning terletak i sekitar matanya. Jalak ini memiliki tubuh 23 hingga 25 cm dengan makanan favoritnya relatif sama yaitu buah serangga  dan biji bijian. Burung endemik asli Indonesia ini hanya dapat ditemui di pulau Jawa Bali Lombok dan juga Madura.

"jalak"

4.Jalak Hongkong atau Thailand, burung ini TERMASUK BURUNG YANG POPULER DI TANAH AIR.Burung yang sering disebut Jalak Hongkong ini memiliki keunggulan perawakan dan kicauannya. Punggungnya berwarna cokelat , leher hitam, dengan elipis berwarna kekuningan dn selibihnya berwarna putih dan untuk penyebaranya di negara-negara kawasan asia tenggara seperti vietnnam, Kamboja, laos, Brunei, Thailand dan Myanmar. Dan burung ini mudah sekali beradaptasi dengan iklim karena menyukai tempat tropis untuk berkembang biak dan mencari makan.

"jalak"

5.Burung beo, Tiong emas atau mamiang adalah keluarga jalak jalakan yang istimewa. Burung beo paling cerdas menirukan suara manusia jika dilatih dari sejak masih trotol anakan. Terdapat 4 subspesies seperti beo biasa, beo nias, beo enggano, dan beo srilanka. Pada alam liar dapat ditemukan di hutan dan lahan basag pada ketinggian 1000 hingga 3000 m (dpl)dan untuk penyebaranya paling banyak di srilanka, India, Himalaya, India, Filiphina, Pulau Jawa dan sunda kecil.


Demikian artikel kali ini semoga informasi yang kami berikan ini  bermanfaat untuk para pecinta burung kicau dimanapun anda berada sampai jumpa pada postingan berikutnya.